4 Mei 2011

Honda Spacy, motor matik baru garapan Honda




Bursa motor Indonesia kini kembali di ramaikan dengan motor baru besutan Honda, mantap gan.

PT Astra Honda Motor melucurkan skuter matik Spacy, di JI Expo, Kemayoran, Jakarta, Rabu 4 April 2011. Skuter matik yang menyasar segmen level bawah berdampingan dengan BeAT ini dibandrol Rp11,75 juta dan Rp12,55 juta

Presiden Direktur Astra Honda Yusuke Hori mengatakan, Spacy merupakan produk global yang pertama kali diluncurkan di Indonesia. Dulunya produk ini santer disebut-sebut sebagai Dio. "Saat ini Spacy baru diproduksi di Indonesia dan China," kata dia saat peluncuran. "Spacy akan dijual di Jepang, Eropa, China, dan negara-negara Asia Tenggara seperti Thailand dan Vietnam."

Yusuke mengatakan, peluncuran pertama di Indonesia, karena pasar sepeda motor matik di Indonesia sedang berkembang pesat. Bahkan, dalam beberapa tahun terakhir penjulan skuter matik telah melampaui penjualan motor bebek.

Data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), pada 2006, saat kali pertama Honda masuk pasar matik, penjualan skuter matik hanya 8,3 persen atau 371.116 unit. Dalam kurun empat tahun angka itu melonjak menjadi 3,37 juta pada 200.

Sementara itu, pada kuartal pertama tahun ini, untuk kali pertamanya, pangsa pasar skuter matik bisa menggeser bebek. Pada periode Januari-Maret, kontribusi skuter matik menacapai 49,75 persen dari total penjualan sepeda motor nasional.

Karena alasan ini, Honda terus menambah lini di segmen skuter matik. "Peluncuran Spacy melengkapi salah segmen jajaran skuter matik milik Honda," ujar Yusuke.

Dia mengatakan, di segmen skuter matik premium saat ini Honda memiliki PCX, sedangkan di segmen atas memiliki Vario Techno CBS, Vario Techno, Vario. Di segmen menengah adalah Scoopy. Sedangkan di segmen bawah ditempati BeAT dan Spacy.

Sebenarnya dari sisi mesin tak ada perbedaan antara Spacy dengan BeAT. Mesinnya masih sama, 110 cc, 4 langkah, OHC yang bertenaga 8,54 PS pada 8.000 rpm dan torsi 8,03 Nm pada 6.000 rpm. Honda mengklaim, konsumsi mesin ini 1 liter per 41 kilometer.

Perbedaannya, Spacy yang menyasar rumah tangga baru atau lak-laki dan perempuan dewasa ini termasuk bongsor. Tak seperti BeAT yang menyasar kaum muda.

Spacy menyediakan bagasi sampai 18 liter, yang bisa memuat helm full face. Tak cuma itu, Spacy juga menyediakan tangki bahan bakar hingga lima liter. "Sekali ini BBM, Spacy mampu menjelajah 205 kilometer."

Memang, Honda melakukan beberapa perubahan untuk mendapatkan ruang bagasi itu. Honda mengubah aki dan filter ke bagian depan, sehingga ada sisa banyak ruang di bawah jok.

Sayangnya, bodi yang besar ini malah membuat akselerasi kurang mantap. Saat VIVAnews.com mencoba, hentakan awal lebih berat dibandingkan BeAT. Tak heran bila dalam jarak 200 meter, Spacy menempuh 13,5 detik, sedangkan BeAT hanya 12,5 detik.

Fitur lain yang ditawarkan masih serupa dengan model-model sebelumnya, seperti tuas pengunci rem, standar samping otomatis, dan pengaman kunci otomatis bermagnet. Fitur baru lain yang ada di Spacy adalah auto headlight on yang bisa menyala saat mesin hidup.

Honda Spacy ditawarkan dalam dua varian, yakni dengan velg jari-jari dan palang (casting wheel). Ada beberapa pilihan warna yang ditawarkan, mulai emperor black, imperial white, royal blue, majestic red, dan legacy green.
sumber: vivanews.com

Buat agan - agan yang nyari motor baru Honda Spacy lumayan buat bahan pertimbangan.

Related Posts by Categories



Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

0 comments: on "Honda Spacy, motor matik baru garapan Honda"

Poskan Komentar

silahkan komentar disini, demi kemajuan serta perbaikan blog ini..
tenang yang punya baik hati koq. :D